Benarkah Pertalite Dicampur Minyak Kayu Putih Bikin Irit? Begini Jawabannya

Akibat maraknya BBM Pertamax

Akibat maraknya BBM Pertamax, banyak pengendara sepeda motor yang beralih ke BBM Pertalite.

Bensin Pertalite masih dijual dengan harga Rp 7.650 per liter di seluruh Indonesia. Semakin banyak pesepeda di sini, semakin kreatif mereka dalam hal penghematan bahan bakar.

mencampur minyak kayu putih dengan esensi Pertalite

Salah satunya adalah dengan mencampur minyak kayu putih dengan esensi Pertalite. Minyak kayu putih dianggap sebagai campuran aditif agar mesin bekerja dengan baik.

bahan penelitian bagi mahasiswa jurusan teknik Universitas Islam Malang

Pertalite yang dicampur dengan minyak kayu putih digunakan sebagai bahan penelitian bagi mahasiswa jurusan teknik Universitas Islam Malang, Jawa Timur. Skripsi ini berjudul ‘Pengaruh Campuran Minyak Kayu Putih dan Pertalite Terhadap Performa Bahan Bakar Honda Supra X 125 R’.

minyak kayu putih dapat digunakan sebagai alternatif

Dalam literatur ilmiah, minyak kayu putih dapat digunakan sebagai alternatif untuk meningkatkan keluaran panas dan mengurangi polusi. Caranya adalah dengan membuat oli dengan zat aditif yang fungsinya untuk meningkatkan kandungan oksigen pada oli.

meningkatkan efisiensi pembakaran mesin

Dengan menambahkan 4ml minyak kayu putih ke dalam 1 liter bahan bakar, dapat meningkatkan efisiensi pembakaran mesin dan mengurangi konsumsi bahan bakar. Jadi, amankah mencampur essential oil seperti Pertalite dengan minyak kayu putih dalam jangka panjang?

Tri Yuswidjajanto Zaenuri, spesialis konversi energi Departemen Teknik dan Angin Institut Teknologi Bandung

Tri Yuswidjajanto Zaenuri, spesialis konversi energi Departemen Teknik dan Angin Institut Teknologi Bandung (ITB) memberikan jawaban. Menurut pria yang akrab disapa Yus ini, penggunaan minyak kayu putih sebagai bahan tambahan bahan bakar akan mempengaruhi performa mesin jika digunakan dalam waktu lama.

“Minyak kayu putih memiliki masalah dalam menaikkan oktan dan membuatnya ekonomis, tetapi abrasifnya dapat mengurangi sifat berminyak pada minyak,” kata profesor. Ya, Senin (25/10/2021).

“Jadi kalau saya lihat bisa-bisa malah mengurangi kapasitas oli untuk melumasi kalau dipakai lama-lama,” lanjutnya. Baca Juga: Update Harga Bensin Pertalite dan Pertamax Setelah SPBU Shell turunkan harga BBM sejak kemarin.

minyak kayu putih dengan bensin memiliki efek sementara pada kendaraan

Selain itu, menurut Yus, pencampuran minyak kayu putih dengan bensin memiliki efek sementara pada kendaraan.

“Tentu saja efeknya lemah, jadi orang itu menyarankan agar saya menggunakannya (minyak kayu putih) untuk membuatnya lebih baik,” kata Yus. Lebih lanjut Yus menjelaskan, untuk membuktikan bahwa campuran minyak kayu putih dapat meningkatkan efisiensi dan ekonomis, diperlukan penelitian jangka panjang.

“Saya cari, tidak ada pencarian jangka panjang, jadi setidaknya tiga kali ganti oli,” kata Yus. “Tapi irit dalam jangka panjang, kalau menyebabkan mesin aus, setelah tiga kali ganti oli akan turun, artinya mesin mobil kita cepat aus,” pungkasnya.