TV Analog Akan Dimatikan Kominfo Pada Tanggal 2 November 2022

Kementerian Komunikasi dan Media (Kominfo) mengumumkan

mengumumkan akan mematikan siaran TV analog (analog shutdown/ASO)

Kementerian Komunikasi dan Media (Kominfo) mengumumkan akan mematikan siaran TV analog (analog shutdown/ASO) secara serentak pada (2/11) pukul 24.00 WIB.
Demikian disampaikan Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kominfo Ismail menanggapi pemulihan waktu ASO di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) yang direncanakan hari ini. , Rabu (5/10). Ia mengatakan, pengunduran diri tersebut terkait permintaan Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI) melalui surat nomor 021/ATVSI/KS/IST/92022 tertanggal 28 September 2022.

Penandatanganan dilakukan oleh Presiden ATVSI Syafril Nasution

Penandatanganan dilakukan oleh Presiden ATVSI Syafril Nasution, Sekjen ATVSI Gilang Iskandar dan para eksekutif televisi swasta. “ATVSI dan pimpinan perusahaan penyiaran swasta tersebut di atas meminta agar ASO Jabodetabek Oktober 2022 ditunda atau dibatalkan dan dapat diperpanjang pada 2 November 2022 seperti wilayah penyiaran lainnya di Indonesia”, kata Ismail, di media sosial. rapat di kantornya, Jakarta, Rabu (5/10).

“Atas permintaan tersebut, ASO Jabodetabek ditunda dan akan dilaksanakan serentak pada 2 November 2022 pukul 24.00 WIB,” lanjutnya. Menurut dia, ATVSI dan lembaga penyiaran swasta telah menyatakan kesiapan dan komitmennya untuk menyelesaikan seluruh tahapan persiapan teknis ASO pada 2 November 2022.

pembagian STB (set-top box) untuk masyarakat miskin

Modelnya, kata Ismail, adalah “perbanyak relasi sosial, pembagian STB (set-top box) untuk masyarakat miskin, dan pemasangan televisi bagi mereka yang berhak menerima STB tersebut.”

ASO Jabodetabek ditunda

Sementara itu, Sekjen ATVSI Gilang Iskandar mengatakan anggotanya menginginkan ASO Jabodetabek ditunda karena masyarakat masih “waiting and see”. “Hasil survei menunjukkan bahwa masyarakat pada prinsipnya siap tetapi mereka ingin ASO ditunda dulu. Mereka akan membeli STB jika siaran analog sudah tidak ada lagi,” katanya. “Jadi kita ikuti undang-undang, 2 November. Jadi semua orang lebih banyak menggunakan referensi itu daripada hari-hari lain yang membuat orang bingung,” lanjutnya. Mengenai pendistribusian STB untuk masyarakat miskin, Gilang mengatakan, berdasarkan data yang diperoleh dari pemerintah daerah, “sudah disalurkan 96,4 persen, sisanya masih berjalan di desa.”

mengubah status ASO di 112 area siaran sejak 2021

Sebelumnya, Kominfo berulang kali menunda atau mengubah status ASO di 112 area siaran sejak 2021. Sejauh ini, baru beberapa area yang sudah sepenuhnya bermigrasi ke TV digital yang dinyatakan siap. 2 November sendiri merupakan batas waktu ASO di semua bidang yang diamanatkan undang-undang.

Setup Bind9 On Debian

Install bind9 BIND (Berkely Internet Name Domain) is a software for translating domain names into IP addresses. Install it using command: apt-get install bind9 bind9utils

Read More »

Nasehat Kakek

Seorang cucu lelaki yg pemarah mendamprat kakeknya dengan kata2 kasar. Sang kakek hanya diam, mendengarkannya dgn sabar, tenang & tdk berkata apa pun. Akhirnya cucu

Read More »